RSS
coretan ini adalah hasil dari sorotan mata yang terimajinasi oleh pikiran, dan tertuang pada papan ketik yang menjadi saksi tentang kejadian itu.

Pages

terima kasih telah berkunjung ke Blog ini, semoga Coteran Beralas Papan Ketik bermanfaat. Saya tunggu kritik dan saran kalian. terima kasih. CP : facebook dan twitter

Anakes Ber-BI (Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia)



1.        Pengertian dan Batasan Analisis Kesalahan
Hubungan antara pengajaran bahasan dan kesalahan berbahasa dapat di contohkan seperti ikan dan air. Selayaknya ikan yang dihup di dalam air, maka keesalahan berbahasa sering terdapat dalam pengajaran bahasa. Hipotesis Analisis Kontranstif menurut serta menyatakan bahwa kesalahan berbahasa disebabkan oleh perbedaan sistem B1 dengan B2. Palinng tidak, perbedaan kedua bahasa tersebut dapat digunakan landasan untuk memprediksi kesalahan berbahasa.
Kesalahan berbahasa tidak hanya terjadi pada pengguna yang mempelajari B2 tetapi terjadi juga pada pengguna yang mempelajari B1. Hal tersebut menunjukkan bahwa kesalahan berbahasa terjadi pada pengajaran bahasa. Dari segi penyebabnya diidentifikasi ada kesalahan yang disebabkan oleh interferensi B1, dan ada pula kesalahan disebabkan oleh penyamarataa.
Para ahli linguistik, pengajar bahasa, dan guru bahasa, sependapat bahwa kesalahan berbahasa mengganggu pencapaian tujuan pengajaran bahasa. Bahkan ada pernyataan “kesalahaan berbahasa yang dilakukan oleh siswa menandakan bahwa pengajaran bahasa tidak berhasil atau gagal”. Oleh karena itu, kesalahan berbahasa yang sering dilakukan oleh siswa harus dikurangi dan harus dihapuskan. Haltersebut dapat tercapai apabila seluk beluk kesalahan berbahasa dapat dikaji secara mendalam. Pengkajian tersebut disebut dengan Analisis Kesalahan.
Ahli pengajaran bahasa mengemukakan Anakes mempunyai langkah-langkah yang meliputi:
1)      Mengumpulkan sampel
2)      Mengidentifikasi kesalahan
3)      Penjelasan kesalahan
4)      Mengklasifikasi kesalahan
5)      Mengevaluasi kesalahan
Berdasarkan langkah-langkah tersebut dapata disusun atau definisikan bahwa Analisis Kesalahan adalah struktur prosedur kerja, yang bisa digunakan oleh para peneliti dan guru bahaasa, yang meliputi pengumpulan sampel, pengidentifikasi masalaha, penjelasan kesalahan, pengklasifikasian kesalahan, dan pengevaluasian kesalahan.

2.        Tujuan dan Metodologi Analisis Kesalahan
Pemahaman tentang kesalahan berbahasa merupakan umpan balik yang sangat berharga dalam pengevaluasian. Oleh karena itu menganalisis kesalahan bahasa baik dilakukan oleh siswa. Analisis Kesalahan juga bertujuan untuk,
  1. Menentukan urutan penyajian hal-hal yang diajarkan dalam kelas dan buku teks.
  2. Menentukan urutan jenjang relatif penekanan, penjelasan, dan latihan berbagai hal yang diajarkan.
  3. Merencanakan latihan dan pengajaran remidial.
  4. Memilih hal-hal bagi penguji kemahiran siswa.
Anakes merupakan suatu prosedur kerja. Sebagai prosedur kerja, Anakes mempunyai langkah-langkah tertentu. Langkah-langkah inilah yang disebut dengan metodologi Anakes.
Ada dua pendapat mengenai metodologi Anakes. Yakni metodologi menurut Ellis, dan Sridhar. Perbedaan terdapat pada segi perbaikan atau korelasi kesalahan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar